Tempat Scuba Diving Terbaik di Pulau Komodo

Tempat Scuba Diving Terbaik di Pulau Komodo

Tempat Scuba Diving Terbaik di Pulau Komodo

Tempat Scuba Diving Terbaik di Pulau Komodo – Taman Nasional Komodo yang terletak di ujung barat Pulau Flores Indonesia, adalah sebagian besar pulau yang menawarkan banyak tempat penyelaman terbaik di dunia. Selain itu, Pulau Komodo adalah surga bagi fotografer bawah laut.

Mulai dari dihuni oleh ikan anthias hingga pari manta, berikut tempat diving terbaik yang ada di Pulau Komodo.

1. Castle Rock

Castle rock adalah lokasi yang menakjubkan untuk scuba diving di Kepulauan Komodo. Para penyelam dapat melihat hampir semua biota laut di tempat penyelaman ini, mulai dari pari manta, hiu karang kelabu, trevallies raksasa, hingga kawanan tuna bahkan lumba-lumba.

2. Langkoi Rock

Lokasi ini merupakan yang paling ekstrim dari Taman Nasional Komodo. Langkoi Rock tidak cocok untuk penyelam yang tidak berpengalaman karena arus yang kuat dan perairan dalam di sekitarnya.

Ada banyak hiu karang abu-abu, hiu martil, dan hiu tembaga berkumpul di lokasi ini. Selain itu ikan pelagis dan kerapu kentang juga dapat ditemukan penyelam pada kedalaman sekitar 30 meter.

3. Batu Bolong

Ada dua pilihan menyelam di Batu Bolong, sisi selatan pulau adalah taman karang yang landai sedangkan sisi utara dipenuhi oleh tebing bebatuan dan ngarai.

Keduanya menawarkan beragam jenis karang, invertebrata, dan berbagai jenis ikan. Selain itu, hiu, trevallies raksasa, dan kerapu dapat ditemukan dalam jumlah besar di sini.

Topografi bebatuan dan arus yang kuat adalah alasan terumbu karang di sini tidak menjadi sasaran nelayan.

Karang yang keras dengan spons menutupi dinding dan lereng, menjadikannya sebagai tempat paling pas bagi kehidupan ikan-ikan kecil. Penghuni mayoritas di Batu Bolong adalah ikan anthias.

4. Manta Alley

Sesuai dengan namanya, penyelaman khas ini adalah lokasi utama untuk menemukan pari manta di Pulau Komodo.

Terletak dalam teluk di sepanjang pantai selatan pulau Komodo, para penyelam dapat menemukan 10 hingga 20 pari manta berenang di antara karang.

Meskipun manta adalah daya tarik utama, di Manta Alley juga penuh dengan kehidupan laut lainnya termasuk hiu karang, trevallies, dan ikan hias besar.

5. Tatawa Kecil

Tatawa kecil adalah rumah bagi ikan anthias. Topografi bebatuan yang besar dan taman koral yang indah menjadi tempat yang pas untuk dihuni oleh berbagai hewan laut seperti belut moray, kakap hingga sweetlips.

Selain itu ada juga kerapu besar, hiu, hingga pari manta di sisi selatan.

Itulah beberapa lokasi diving yang bisa kamu kunjungi jika ke Pulau Komodo. Sebagian besar lokasi diving memiliki arus yang kuat sehingga diperlukan keahlian khusus jika ingin menghabiskan waktu di sini.