Lantai Jembatan Kaca Terpanjang di AS Pecah

Lantai Jembatan Kaca Terpanjang di AS Pecah

Lantai Jembatan Kaca Terpanjang di AS Pecah, – ┬áLantai kaca jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di Amerika Serikat pecah setelah seorang turis melompat┬ádi atasnya pada Senin, sehingga pemerintah kota Gatlinburg, Tennessee, terpaksa menutup akses masuk ke objek wisata populer itu.

Beruntungnya tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut. Jembatan SkyBridge yang membentang 207 meter itu lalu ditutup sementara untuk perbaikan.

Dari atas Jembatan SkyBridge, pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Gatlinburg yang dibingkai pegunungan Great Smoky Mountains.

Harga tiket untuk melintas di Jembatan SkyBridge seharga US$25 (sekitar Rp354 ribu) per orang.

Objek wisata jembatan kaca ini juga banyak diminati oleh turis manca negara dan warga lokal tentunya.

Jembatan kaca tersebut merupakan jembatan kaca terpanjang di Amerika Serikat. Aturan untuk masuk ke objek wisata ini, tidak diperbolehkan memakai sepatu hak tinggi,wajib memakai alas kaki yang telah disediakan oleh pihak SkyBridge.

Setelah menyusuri SkyBridge, jangan lupa juga untuk singgah di SkyLift, Skydeck, Skycenter, dan SkyPark yang masih berada satu area dengan jembatan ini.

Jembatan ini melintasi lembah di Pegunungan Great Smokey dan memiliki tiga panel kaca di tengahnya yang memungkinkan pengunjung melihat pemandangan setinggi 42 meter di bawahnya.

Insiden itu terjadi pada hari Senin sekitar pukul 20.30 dan jembatan dibuka kembali pada hari Selasa pagi.

Menurut pengelola Jembatan SkyBridge, lapisan atas kaca dirancang untuk melindungi dua lapisan material lainnya dan kerusakan tidak mempengaruhi kekuatan struktural jembatan.

Pengembang menggunakan lebih dari 453 ribu kilogram beton untuk fondasinya, 4.828 meter kabel, dan 1.400 papan cedar untuk membangun jembatan, yang dibuka pada Mei 2019.

Turis itu disebut mengabaikan aturan ‘tidak berlari, melompat, atau meloncat di jembatan’ dan berusaha melakukan ‘luncuran bak pemain bisbol’ di panel kaca, menurut keterangan resmi dari Gatlinburg SkyLift Park.

“Saat lonjakan terjadi, benda logam pada pakaian tamu memecahkan kaca, mengakibatkan retakan parah pada lapisan atas pelindung satu panel kaca,” kata rilis itu, seperti yang dikutip dari CNN Travel pada Rabu.

Beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban atau kerugian yang terlalu besar sehingga proses perbaikan jembatan kaca tidak memerlukan jangka waktu yang terlalu lama.

Selain objek wisata jembatan kaca, ada juga wisata lain yang dapat dilihat dari jembatan kaca seperti Grand Canyon sebuah ngarai tebing di utara Arizona, Amerika Serikat, hasil pahatan selama jutaaan tahun oleh sungai Colorado. Kedahsyatan alam membentuk keindahan jurang tebing terjal sepanjang 446 km dengan lebar mulai 6 sampai 29 km dengan kedalaman lebih dari 1.600 meter.

Grand Canyon sebagian besar merupakan Taman Nasional. Tahun 1908, Presiden Amerika Serikat ke-26, Theodore Roosevelt, menetapkan dan meresmikan Grand Canyon sebagai Taman Nasional pertama di Amerika Serikat.

Untuk mencapai salah satu objek wajib para pelancong ini, kita bisa berkendaraan dari Las Vegas selama kurang lebih 2,5 jam. Rombongan Kompas.com yang naik minivan dari Las Vegas, harus berpindah ke bus untuk mencapai Grand Canyon. Setelah kurang lebih 40 menit perjalanan lagi,  barulah kita sampai di starting point sisi barat (west rim) Grand Canyon.