Inilah Syarat dan Tips Liburan ke Yogyakarta

Inilah Syarat dan Tips Liburan ke Yogyakarta

Inilah Syarat dan Tips Liburan ke Yogyakarta

Inilah Syarat dan Tips Liburan ke Yogyakarta, – Sebagai salah satu tujuan favorit wisata di Indonesia, Yogyakarta mulai membuka pintu bagi wisatawan secara bertahap. Pembukaan keran pariwisata ini dilakukan setelah pemerintah mulai mencanangkan adaptasi kebiasaan baru alias new normal.

Jika kamu berencana liburan ke Yogyakarta, ada sejumlah syarat yang wajib kamu penuhi. Simak beberapa tips berikut ini agar perjalanan dan liburan tetap aman dan nyaman.

1. Membawa surat sehat, hasil rapid test, atau hasil swab test

Surat sehat, surat hasil rapid test, atau surat hasil swab test merupakan syarat wajib kamu bawa jika ingin masuk ke Yogyakarta.

Surat sehat diperuntukkan bagi wisatawan yang datang dari wilayah zona hijau dan kuning, hasil rapid test dari zona merah dan hitam, dan surat hasil swab test bagi mereka yang datang dari luar negeri.

Namun, pemerintah setempat meminta masyarakat yang berasal dari zona merah atau hitam sebaiknya tidak masuk ke Yogyakarta dulu, paling tidak hingga Agustus 2020.

2. Mengunduh aplikasi Cared+ Jogja atau Jogja Pass

Salah satu syarat lainnya untuk masuk ke ke Yogyakarta adalah mengunduh aplikasi Cared+ Jogja atau Jogja Pass. Aplikasi ini wajib dimiliki seluruh masyarakat yang hendak mengunjungi berbagai destinasi wisata di Yogyakarta saat normal baru.

Cared+ Jogja atau Jogja Pass akan menjadi “paspor digital.” Salah satu fungsinya adalah mempermudah penelusuran kontak apabila suatu saat muncul kasus pengunjung yang positif Covid-19.

3. Membawa hygiene kit

Hygiene kit bisa menjadi senjata dan wajib kamu bawa saat traveling. Isinya berupa hand sanitizer, disinfectan spray, tisu basah, tisu kering, dan sabun cair.

Jangan lupa membawa alat makan serta alat ibadah sendiri, supaya liburanmu semakin aman dan nyaman.

4. Tidak datang secara rombongan

Sangat disarankan untuk solo traveling atau datang bersama keluarga inti saja. Pasalnya, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan belum dapat menerima wisatawan yang datang secara rombongan dari luar daerah.

5. Wajib patuhi protokol pencegahan Covid-19

Wisatawan yang datang juga diwajibkan mematuhi seluruh protokol pencegahan Covid-19, seperti mengenakan masker, cuci tangan, jaga jarak, serta aturan lain yang diberlakukan.

6. Pilih menggunakan kendaraan pribadi

Menjauhi transportasi umum dan memilih menggunakan kendaraan pribadi bisa menjadi keputusan yang tepat di masa pandemik seperti saat ini.

Menggunakan kendaraan pribadi tentu akan mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, usahakan terus mengenakan masker dan berhati-hati saat menyentuh apa pun.

7. Membeli tiket dan checkin online

Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, belilah tiket dan checkin secara online. Dengan cara ini, kamu bisa mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Kamu juga memesan penginapan secara online untuk mengurangi kontak fisik.

Itulah syarat dan tips liburan ke Yogyakarta di masa-masa new normal seperti sekarang. Stay safe di mana pun berada ya. Kalau merasa kurang sehat, tak perlu memaksakan liburan, karena kita pun masih bisa traveling secara virtual.